Tuesday, July 24, 2012

Menu Baik Buat Buka Puasa


Di bulan Ramadhan ini, semua umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Menahan lapar dan haus juga beberapa larangan lain dari pagi hari sebelum fajar hingga malam hari setelah matahari terbenam.
Setelah berpuasa sehari penuh, tibalah saat berbuka puasa pada senja hari. Apa sajakah yang sebaiknya dikonsumsi pada saat berbuka agar tubuh segera mendapatkan nutrisi pengganti setelah lebih dari 12 jam tidak mendapat asupan apapun?

Beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa antara lain:
Air putih:

Berbuka dengan air putih sangat baik untuk menghilangkan dehidrasi. Kita disarankan untuk minum minimal 8 gelas setiap hari. Di bulan Ramadhan, kita dapat memaksimalkan konsumsi air kita pada malam hari, yaitu pada waktu berbuka, makan malam, menjelang tidur dan pada saat sahur.
Selain air putih, teh, juice, susu juga baik dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Sebaiknya jangan dalam keadaan dingin.

Kurma:
Kurma rasanya manis tapi tidak terlalu manis, bernutrisi tinggi, rendah kalori  dan mengandung karbohidrat kompleks. Jadi kadar gula darah dalam tubuh tidak akan meningkat secara mendadak, beda dengan penganan khas puasa lainnya seperti kolak.

Buah + Yogurt:
Buah, jelas baik karena sama halnya seperti kurma, tidak akan menaikkan kadar gula darah secara mendadak. Yogurt, bernutrisi tinggi dan rendah kalori. Keduanya sangat baik dimakan saat berbuka puasa sebagai pengganti kolak, karena tidak mengandung banyak perasa, pemanis (gula) dan pengawet makanan.

dan tips terakhir saya sarankan klu berbuka puasa jangan sampai terlalu kenyang, soalnya jika pas waktu tarawih pasti anda akan terasa sangat letih karena berat mengangkat berat di perut, klu bisa klu berbuka puasa secukupnya saja.

trimakasih. . .

0 comments:

Post a Comment